Jumat, 15 November 2013

Modul Bimbel 4, Rangka

Modul Bimbel Kelas 4 Mapel IPA tentang Rangka.



A.             Rangka Manusia, Fungsi dan Pemeliharaannya
·    Rangka adalah susunan tulang-tulang yang saling bersambungan satu sama lainnya sehingga membentuk tubuh.
·    Rangka manusia terdiri dari rangka kepala (tengkorak), rangka badan dan rangka anggota gerak (tulang tangan dan kaki).
·    Fungsi rangka :
•      Penegak, penguat, dan pemberi bentuk tubuh.
•      Melindungi alat-alat tubuh yang penting dan rapuh seperti otak, paruparu, dan jantung.
•      Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.
•      Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
•      Sebagai alat gerak pasif.
·    Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi 3 macam, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih.

B.             Alat Indera Manusia, Fungsi, dan Pemeliharaannya
·    Indra adalah organ yang berfungsi menerima rangsang yang berasal dari luar tubuh.
·    Indra pada manusia ada lima, disebut juga panca indra yaitu indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pencium (hidung), indra pengecap (lidah) dan indra peraba (kulit).
·    Mata terdiri dari alis mata, kelopak mata, bola mata, rambut mata, dan kelenjar air mata. Mata peka terhadap rangsang cahaya. Kelainan yang biasa terjadi pada mata adalah presbiopi, miopi, hipermetropi, hemerolopi, dan astigmatisma.
·    Telinga manusia terdiri atas telinga luar, telinga bagian tengah, dan telinga dalam.
·    Hidung seperti sebuah batang berongga di antara mata dan mulut. Bagian dalam rongga hidung terdapat sekat yang memisahkan rongga hidung sebelah kiri dan kanan. Bagian atas rongga hidung berupa lempeng tipis, bagian dasar berupa langit-langit, sedangkan bagian sisi adalah karang hidung. Pada bagian atas rongga hidung ada lendir pembau yang berguna menerima bau-bauan.
·    Indra pengecap (lidah) berupa puting pengecap yang terdapat di permukaan lidah. Tiap puting pengecap hanya bereaksi terhadap satu rasa. Kuncup rasa dapat mengecap rasa asam, asin, manis, dan pahit.
·    Indra peraba (kulit) dibedakan menjadi dua bagian yaitu lapisan luar (epidermis), tersusun dari beberapa lapisan, di antaranya ada yang berisi zat warna (pigmen) dan ada pula yang bertugas membentuk sel-sel baru ke arah luar kemudian lapisan dalam terdiri dari jaringan lemak, kelenjar keringat, saluran keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah dan penerima rasa nyeri, panas, dingin, sentuhan, dan tekanan. Macam reseptor pada kulit adalah reseptor untuk merasakan adanya sentuhan, tekanan, sakit, dan suhu.

·    Kita harus selalu menjaga kesehatan panca indra kita agar selalu berfungsi normal. Cara-cara menjaga kesehatan lidah, yaitu tidak makan makanan yang terlalu panas atau dingin, menyikat lidah dengan sikat yang lembut, dan banyak makan makanan yang mengandung vitamin C.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar